Wisuda VIII UMN: Ekonomi Kreatif Mendorong Daya Saing Bangsa


30 November 2015 by Putri Ayu R.


Pada Wisuda VIII yang berlangsung pada Sabtu (28/11) lalu di International Convention Exhibition (ICE), BSD mengambil tema “Ekonomi Kreatif Mendorong Daya Saing Bangsa”. Ide tema tersebut beranjak dari wawasan mengenai berlakunya kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) / ASEAM Economic Community (AEC) yang melibatkan semua negara di kawasan Asia Tenggara. Sebagai bagian dari MEA, Indonesia hendak menggalakkan usaha ekonomi kreatif untuk meningkatkan komoditas dan nilai jualnya.

UMN sebagai perguruan tinggi swasta yang berbasis ICT (Information and Communication Technology), menjadi bagian dari ekonomi kreatif. Bidang-bidang akademik yang ada di UMN juga termasuk dalam 14 sektor ekonomi kreatif, antara lain desain, interactive games, video, perfilman, penerbitan, dan percetakan. “Dengan adanya MEA tersebut, diharapkan lulusan UMN mampu berkontribusi dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian di Indonesia,” jelas Bapak Ir. Andrey Andoko, M.Sc. selaku Ketua Wisuda VIII sekaligus Wail Rektor II UMN.

Dalam acara yang diikuti 527 lulusan, hadir pula Bapak Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif yang menjadi pembicara utama pada wisuda kali ini. Beliau menyampaikan tentang pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia sehingga nanti dapat bersaing di kancah Internasional. Hal itu tak lepas pula dari peran perkembangan teknologi informasi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.