Rektor UMN Ninok Leksono Diangkat sebagai Guru Besar Tamu di UCSI Malaysia



TANGERANG, Senin (15/6) – UCSI University, universitas swasta terkemuka di Malaysia, pekan lalu mengangkat Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr. Ninok Leksono M.A. sebagai guru besar tamu (Visiting Professor of Practice).

Dato Peter Ng, Founder dan CEO UCSI Group melalui Associate Professor Dato Dr. Toh Kian Kok, Senior Vice President UCSI Group menyampaikan hal membanggakan ini dalam pengumuman resminya yang diterima pada Sabtu (13/6).

Sebagai guru besar tamu selama dua tahun, Dr. Ninok diharapkan dapat berbagi dengan mahasiswa dan staf UCSI University. Dr. Ninok akan berkontribusi di Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Pengetahuan Budaya (Liberal Arts) di universitas ini. Dengan pengalamannya yang panjang di dunia jurnalistik dan industri media, Dr. Ninok diharapkan dapat membawa banyak wawasan dan meningkatkan eksposur Fakultas di UCSI.

“Pengalaman Dr. Ninok dalam bidang industri media diharapkan bisa mendorong maju jurnalisme di UCSI University,” tambah Dr. Toh.

Selama menjabat sebagai Rektor UMN sejak tahun 2011, Dr. Ninok aktif bersama Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc selaku Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama menjalin kerjasama dan kemitraan dengan universitas di luar negeri, antara lain dengan universitas-universitas di Australia, Asia, Eropa, dan Amerika.

Kerjasama dan kemitraan ini bertujuan agar UMN berkembang menjadi universitas bertaraf internasional dan berdiri sejajar dengan universitas-universitas bergengsi di kancah global dengan membuka program-program bersama, misalnya dalam pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, studi singkat maupun studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, serta kerja magang dan menyelenggarakan seminar maupun konferensi. Dalam hal-hal ini, Dr. Ninok berpartisipasi dengan memberikan kuliah umum dan kuliah tamu.

Selain menjadi pemberi kuliah tamu di Malaysia, Dr. Ninok yang adalah Redaktur Senior harian Kompas, terakhir juga memberikan kuliah tamu di Universitas Tampere Finlandia pada September 2019. Kiprah selanjutnya adalah memberi kuliah di China dan Filipina, serta tentu saja di UMN yang selalu giat dengan menyelenggarakan berbagai event-event internasional baik secara daring maupun luring. (MGS)

*by Prof.Dr.Muliawati G. Siswanto,M.Eng.Sc.- Vice Rector,Relations&Cooperations

Sumber: https://www.umn.ac.id/rektor-umn-ninok-leksono-diangkat-sebagai-guru-besar-tamu-di-ucsi-malaysia/